Thursday, January 16, 2014

PostHeaderIcon tugas kuliah

1)     Mengapa nativisme menolak pengaruh pendidikan? Jelaskan alasannya?
Jawab : Karena aliran nativisme berkeyakinan bahwa anak yang baru lahir membawa bakat, kesanggupan serta sifat-sifat tertentu dan itulah yang aktif berkuasa dalam pertumbuhan dan kemajuan,pendidikan tidak berpengaruh dan berkuasa sama sekali. Bakat, kesanggupan dan sifat-sifat tersebut bersifat keturunan.
Menurut nativisme jika kita menginginkan manusia menjadi baik, maka yang harus dilakukan adalah memperbaiki kedua orang tuanya karena orang tuanya lah yang mewarisi faktor-faktor bawaan kepada anak-anaknya.

2)     Mengapa Nativisme disebut juga pesimis paedagogik ?
Jawab: Karena aliran Nativisme itu menganggap bahwa lingkungan atau pendidikan itu kurang berpengaruh pada perkembangan diri anak, jadi aliran ini menganggap lingkungan dan pendidikan itu tidak penting (mengabaikan lingkungan dan pendidikan) menurut Nativisme keberhasilan pendidikan itu hanya berasal dari dalam diri anak itu sendiri.

3)     Mengapa naturalisme menolak pengaruh pendidikan ? jelaskan alasanya !
Jawab: Karena menurut naturalisme semua anak lahir dengan pembawaan yang baik sesuai dengan kodrat alam dan tak ada anak yang dilahirkan dengan pembawaan yang jelek, dan menganggap bahwa pembawaan baik akan rusak karena pengaruh lingkungan sehingga paham ini menganggap didikan itu kurang penting bagi perkembangan anak, jika anak dikenalkan pada pendidikan maka akibatnya ia akan mengenal beberapa lingkungan yang mungkin di antara lingkungan tersebut ada yang membawa dampak negatif.

4)     Mengapa Naturalisme disebut Negative Paedagogik ?
Jawab: karena menurut aliran Naturalisme pendidik itu wajib membiarkan pertumbuhan anak pada alam, dengan kata lain anak tidak memerlukan pendidikan atau campur tangan lingkungan, agar semua pembawaan baik yang sudah ada di dalam diri anak sejak lahir itu tidak rusak atau tidak berubah menjadi buruk disebabkan oleh manusia melalui proses dan kegiatan pendidikan atau lingkungan.
  
5)     Jelaskan perbedaan Nativisme dan Naturalisme tentang pembawaan manusia!
Jawab: Nativisme adalah pandangan yang menyatakan bahwa tingkah laku manusia itu tergantung pada pembawaannya sejak lahir yaitu baik dan buruk.
Naturalise adalah pandangan yang menyatakan bahwa tingkah laku manusia sesuai dengan kodrat alam atau pembawaan baik tidak ada yang pembawaan jelek atau buruk.

6)     Mengapa Empirisisme mengaggap penting pendidikan?Jelaskan alasanya !
Jawab: Karena menurut Empirisisme Manusia dapat dididik menjadi apa saja (kearah yang baik atau kearah yang buruk) jadi pendidikan diyakini sebagai pembentukan anak didik, dan pendidikan juga menyediakan lingkungan pendidikan kepada anak dan akan diterima oleh anak sebagai pengalaman-pengalaman yang sesuai tentunya sesuai dengan tujuan pendidikan.

7)     Mengapa Konvergasi menganggap pendidikan itu penting? jelaskan alasanya !
Jawab: Sebab paham konvergensi adalah paham yang menghargai individu dan lingkungan karena menurutnya pendidikan akan menyediakan lingkungan bagi manusia agar manusia dapat hidup lebih baik dan menjadi individu yang yang mandiri.

8)     Jelaskan perbedaan Empirisisme dan Konvergensi tentang peranan pembawaan terhadap perkembangan manusia.
Jawab: Menurut empirisisme: perkembangan individu itu di ditentukan oleh pembawaan dari pengalaman-pengalaman yang diterima
Sedangkan menurut konvergensi: perkembangan individu itu tidak hanya ditentukan oleh pengalaman saja tetapi lingkungan juga berpengaruh.

9)     Menurut saudara, mengapa manusia perlu di didik ? Jelaskan alasan saudara !.
Jawab:  Manusia itu perlu di didik karena tanpa pendidikan manusia tidak akan berkembang dengan baik, dan juga karena manusia itu memiliki potensi dan akal untuk dapat didik , berbeda dengan hewan tidak dapat didik karena hewan tidak memiliki akal serta potensi sehingga untuk di didik pun sulit karena dasar dari makhluk dapat di didik itu adalah memiliki akal dan juga potensi.

10)   Manusia itu mempunyai sifat hakiki ? jelaskan maksud sifat hakiki itu!
Jawab : sifat hakiki manusia yaitu sifat khas yang mutlak perlu ada pada manusia sehingga membuat hal itu sebagaimana adanya.

11)   Manusia sebagai mahluk individu sekaligus sebagai mahluk sosial. Jelaskan maksudnya !
Jawab : Manusia sebagai makhluk individu artinya tiap manusia berhak atas milik pribadinya sendiri dan bisa disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Manusia juga memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan tindakan-tindakan yang akan diambil.
Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya sebagai sarana untuk bersosialisasi.

12)   Apa yang dimaksud dengan egois dan sosialis ? jelaskan !
Jawab : egois yaitu sifat/karakter orang yang suka mengutamakan (menonjolkan) dirinya, mementingkan diri sendiri, tidak peduli terhadap orang lain.
Sosialis adalah suatu sifat/karakter orang, kelompok, masyarakat yang mengedepankan satu rasa kebersamaan, yang mementingkan kehidupan yang baik untuk orang lain, untuk komunitas yang lebih besar, yang mengedepankan kepentingan bersama lebih baik atau paling tidak sama baik dengan dirinya, dan yang paling penting tidak mengutamakan ego/kepentingan diri sendiri.

13)  Mengapa manusia harus membantu manusia lainnya ?
Jawab : Karena manusia sebagai mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, membutuhkan orang lain, dan harus saling membantu satu sama lain.

14)  Apa yang dimaksud kata hati tajam dan kata hati tumpul ? jelaskan !
Jawab : Kata hati tajam yaitu seseorang yang bisa menilai perbuatan ataupun sikap anatra yang baik dan yang kurang baik / buruk, termasuk pula dalam pengambilan keputusan atas dasar pertimbangan yang matang (benar/salah), analisis yang didukung dengan kecerdasan akal dan budi.
Kata hati tumpul yaitu seseorang yang tidak bisa menilai perbuatan ataupun sikap antara yang baik dan yang kurang baik / buruk.

15)  Bagaimana caranya agar kata hati menjadi tajam ? jelaskan !
Jawab : Supaya kata hati kita menjadi tajam yaitu dengan menempuh pendidikan, karena pendidikan bertujuan untuk mengubah kata hati tumpul menjadi tajam, yang ditempuh dengan melatih kecerdasan dan kepekaan emosi.

16)  Apa yang dimaksud dengan manusia suka pakai kedok ? jelaskan !
Jawab : Maksud manusia suka pakai kedok yaitu orang yang suka baik jika didepan orang lain padahal dalam hatinya ia membenci orang tersebut. Dikatakan memekai kedok karena hati dan perbuatannya itu berbeda.

17). Apa yang dimaksud dengan kemampuan menyadari diri?jelaskan!
Jawab: Kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk menyadari dirinya, berkat adanya kemampuan menyadari diri maka manusia menyadari bahwa dirinya(akunya)memiliki ciri khas atau karakteristik dirinya,itulah yang menyebabkan manusia dapat membedakan dirinya dengan aku-aku yang lain dan dengan non aku(lingkungan fisik).

18). Apa yang dimaksud dengan kemampuan bereksistensi?jelaskan!
Jawab : Kemampuan menempatkan diri dan  menerobos ruang/tempat dan waktu dengan adanya kemampuan bereksistensi ini maka pada manuisa terdapat unsur kebebasan.

19). Jelaskan fungsi kata hati/hati nurani/qolbu!
Jawab :
1.     Sebagai pelita yaitu memberi penerangan pada diri manusia tentang baik buruknya perbuatan
2.     Sebagai pembeda yaitu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk
3.     Sebagai penentu yaitu menentukan perbuatan mana yang baik dan perbuatan mana yang buruk
4.     Sebagai pemilih yaitu memilih keputusan mana yang akan diambil, apakah akan dilakukan atau tidak dilakukan

20). Jelaskan makna moral menurut behavioristik dan kognitivistik!
Jawab: Menurut Behavioristik:  moral tercermin dari tingkah laku, prilaku dan perbuatan dari diri sendiri
Menurut Kognitivistik: moral tercermin karena dorongan, alasan,motif dan niat

21). Jelaskan makna tanggung jawab!
Jawab: Keberanian untuk menentukan sesuatu perbuatan, menerima sanksi apapun yang diberikan atas perbuatan yang dilakukan dan diterima dengan penuh kesadaran dan kerelaan.

22). Jelaskan hubungan kata hati dengan moral dan tanggung jawab!
Jawab: Kata hati memberi pedoman untuk kita dalam berbuat,moral yaitu melakukan perbuatan yang sesuai dengan kata hati,dan tanggung jawab merupakan kesediaan/keberanian untuk menerima konsekuensi/resiko dari perbuatan yang dilakukan.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

About Me

My Photo
ratnairmanurakbar
View my complete profile
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.